Paket Umroh Ramadhan 2018

 

Daftar Lengkap
Paket Umroh Ramadhan 2018

  1. Kemulian Umroh Ramadhan(KURMA)
  2. Beragam Paket dan Harga Umroh Ramadhan 2018 Nooralia Haji Umroh
  3. Program Umroh Ramadhan Lengkap Nooralia Haji Umroh
    1. Awal Ramadahan
    2. Tengah Ramadhan
    3. Lailatul Qodr
    4. Full Ramadhan

 

Kemulian Umroh Ramadhan (KURMA)

Kemuliaan Umrah ramadhan 2018 sudah kita ketahui. Sebagaimana amalan ada yang memiliki keistimewaan jika dilakukan pada waktu tertentu, demikian pula umroh ramadhan 2018. Umrah di bulan Ramadhan terasa sangat istimewa dari umrah di bulan lainnya yaitu senilai dengan haji bahkan seperti haji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Itulah salah satu Kemulian umrah di bulan ramadhan.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya pada seorang wanita,

مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّى مَعَنَا

“Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”

Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya –ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Dalam lafazh Muslim disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

“Umroh pada bulan Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Muslim no. 1256)

Dalam lafazh Bukhari yang lain disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

“Sesungguhnya umroh di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari no. 1863).

 

Apa yang dimaksud Kemuliaan umrah di bulan ramadhan senilai dengan haji?

Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Yang dimaksud adalah umroh Ramadhan mendapati pahala seperti pahala haji. Namun bukan berarti umroh Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan. Sehingga jika seseorang punya kewajiban haji, lalu ia berumroh di bulan Ramadhan, maka umroh tersebut tidak bisa menggantikan haji tadi.” (Syarh Shahih Muslim, 9:2)

 

Apakah dengan Kemulian umroh di bulan ramadhan bisa menggantikan haji yang wajib?

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah (ketua Komisi Fatwa Kerajaan Saudi Arabia di masa silam) pernah menerangkan maksud umroh Ramadhan seperti berhaji bersama Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau mendapat pertanyaan, “Apakah umroh di bulan Ramadhan bisa menggantikan haji berdasarkan sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barangsiapa berumroh di bulan Ramadhan maka ia seperti haji bersamaku”?

Jawaban Syaikh rahimahullah, “Umrah di bulan Ramadhan tidaklah bisa menggantikan haji. Akan tetapi umrah Ramadhan mendapatkan keutamaan haji berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Umroh Ramadhan senilai dengan haji.” Atau dalam riwayat lain disebutkan bahwa umroh Ramadhan seperti berhaji bersama Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, yaitu yang dimaksud adalah sama dalam keutamaan dan pahala. Dan maknanya bukanlah umroh Ramadhan bisa menggantikan haji.

Orang yang berumroh di bulan Ramadhan masih punya kewajiban haji walau ia telah melaksanakan umroh Ramadhan, demikian pendapat seluruh ulama. Jadi, umroh Ramadhan senilai dengan haji dari sisi keutamaan dan pahala. Namun tetap tidak bisa menggantikan haji yang wajib.” [Fatawa Nur ‘ala Darb, Syaikh Ibnu Baz]

Semoga Allah memudahkan kita untuk terus beramal sholih dan dimudahkan untuk melaksanakan umrah maupun haji ke Baitullah di bulan Ramdahan.

Kemulian umrah di bulan ramadhan ( umroh Ramadhan 2018 )

Bulan Ramadhan adalah bulan baik, bulan yang penuh berkah. Maka akan sangat menjadi harapan setiap umat manusia untuk bisa terus menjumpai bulan Ramadhan secara berulang-ulang setiap tahun untuk mendapat keberkahan tersebut. Sebab pada bulan Ramadhan penuh dengan keistimewaan-keistimewaan. Di bulan tersebut, bila kita mengerjakan ibadah dan amal baik maka akan mendapatkan pahala yang berlipat dibandingkan bulan-bulan lain. Termasuk menjalankan ibadah umrah saat Ramadhan.

Umroh adalah salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan yang luar biasa. Apalagi jika ibadahnya dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Ibadah umroh berbeda dengan haji, pahalanya pun juga berbeda. Namun terdapat pengecualian pada umrah Ramadhan yang banyak keutamaan. Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad memerintahkan penduduk Anshar untuk melaksanakan umrah Ramadhan sebab pahalanya menyamai ibadah haji.

Bahkan ada pula hadits lain yang meriwayatkan bahwa umrah Ramadhan sama seperti melaksanakan haji dengan Rosulullah. Dari beberapa hadits yang telah diriwayatkan tersebut menunjukkan bahwa keutamaan umrah di bulan Ramadhan sangatlah besar. Namun ada beberapa ulama yang berbeda pendapat menyikapi hadits-hadits tersebut.

Ada ulama yang berpendapat bahwa keutamaan umrah tersebut hanya dikhususkan kepada orang yang saat itu diajak berbicara Rosulullah. Namun ada pula pendapat lain yang dikemukakan oleh seorang ulama yang bernama Ibnu Katsir. Beliau menyatakan bahwa keutamaan umrah di bulan Ramadhan tersebut ditujukan kepada orang yang memiliki niat berhaji namun tidak mampu melaksanakannya.

Sehingga ketika orang tersebut mampu melaksanakan ibadah umroh pada bulan Ramadhan, maka orang tersebut akan mendapatkan keutamaan pahala seperti melaksanakan haji secara sempurna bersama Rosulullah. Sebab telah menyatu niat hajinya yang tidak dapat terlaksana dalam pelaksanaan umroh Ramadhan yang saat itu dijalankan.

Sedangkan mayoritas ulama berpendapat bahwa kemulian umroh di bulan Ramadhan pada hadits tersebut bukan hanya dikhususkan pada orang yang saat itu diajak berbicara oleh nabi saja ataupun karena keadaan tertentu. Mayoritas ulama yang menyatakan hal ini termasuk ulama empat madzab. Maka inilah pendapat yang dapat kita jadikan acuan kebenaran mengenai kemulian ibadah umroh di bulan Ramadhan.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah umroh yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan tetaplah berbeda dengan menunaikan ibadah haji meskipun keutamaannya sama dengan melaksanakan ibadah haji. Sehingga umrah Ramadhan tetap tidak dapat menggugurkan kewajiban Anda yang mampu untuk menunaikan ibadah haji. Jadi berdasarkan hadits di atas penyamaan umroh di bulan Ramadhan dengan haji hanya dalam hal pahalanya saja, namun secara hukum dan pelaksanaan kedua ibadah tersebut jelas berbeda.

Selain itu juga terdapat keutamaan lain saat beribadah umroh di bulan Ramadhan yaitu pada malam Lailatul Qadar setiap ibadah yang kita laksanakan akan mendapatkan balasan kebaikan yang berlipat ganda bahkan lebih baik dari malam seribu bulan. Setiap amalan sunah di bulan Ramadhan nilai pahalanya akan senilai dengan ibadah wajib. Ibadah yang hukumnya wajib, pada bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala 70kali lebih besar dibandingkan pada bulan lain. Sehingga dengan melaksanakan ibadah umroh di bulan tersebut tentu akan mendapatkan pahala yang jauh lebih besar nantinya.

Namun melaksanakan ibadah umroh  Ramadhan pun juga harus memperhatikan keadaan diri si jamaah serta kemampuan dalam hal waktu melaksanakan umroh tepat di bulan Ramadhan. Kemampuan fisik jamaah juga sangat penting sebelum memilih saat tersebut. Mengingat saat berumroh di bulan Ramadhan berarti Anda harus memiliki tenaga ekstra sebab bersamaan dengan melaksanakan puasa.

Apalagi keadaan iklim di sana yang sangat panas berbeda dengan di negara kita. Namun semuanya dikembalikan kepada kita yang meniatkan ibadah umroh di bulan Ramadhan untuk mendapatkan berbagai keutamaan yang lebih besar dibandingkan bulan-bulan lain. Melaksanakan umroh di bulan Ramadhan bisa dilaksanakan pada awal bulan, pertengahan, ataupun akhir bulan ramadhan

 

Pada tahun ini, Insya Allah puasa Ramadhan akan dimulai pada tanggal 25 Mei 2018.

Beragam Program Umroh di Bulan Ramadhan Nooralia Haji Umroh

Berikut ini beragam Program Umroh Ramadhan tahun 2018 / 1439 H yang dikemas Nooralia Haji Umroh:

 

UMROH RAMADHAN 2018 MURAH
TGL PAKET UMROH 2018 DURASI HARGA
13 Mei AWAL RAMADHAN BAROKAH 9 Hari 24,500.000 – By Saudia*
18 Mei AWAL RAMADHAN HASANAH 9 Hari 26.000.000 – By Saudia*
20 Mei AWAL ROMADHAN HASANAH 12 Hari 28.500.000 – By Saudia*
23 Mei AWAL RAMADHAN MUMTAZ 9 Hari 32.000.000 – By Saudia*
29 Mei LAILATUL QADAR HASANAH 9 Hari 27.000.000 – By Saudia*
29 MEI TENGAH RAMDHAN 12 Hari 29.500.000 – By Saudia*
24 MEI FULL RAMADHAN 30* Hari 43.000.000 – By Saudia*

 

Kalau ada yang kurang jelas tentang Paket Umroh Ramadhan 2018, silahkan hubungi kami.